22 Jun 2020

Merawat Power Windows Agar Tidak Cepat Rusak


Penggunaan power window atau pengatur kaca otomatis pada mobil sangat penting untuk membantu pengendara dan penumpang dalam menutup serta membuka jendela pada mobil. Dalam penggunaannya, perangkat satu ini mungkin pernah mengalami masalah dan membuat Sahabat bertanya-tanya apa penyebabnya. Kemacetan pada perangkat ini bisa menyebabkan kaca jendela pada mobil tidak bisa bekerja dengan sewajarnya. 

Tidak semua mobil memiliki fitur pengatur kaca otomatis. Mobil produksi dan keluaran lama pada umumnya tidak dilengkapi oleh fitur pengatur kaca otomatis. Oleh sebab itu apabila penumpang dan pengemudi ingin membuka atau menutup kaca mereka harus menggunakan dorstim atau pemutar handle. Sahabat bisa memasang power window universal di bengkel yang memiliki spesifikasi untuk melakukan ini dengan kisaran harga Rp 300 ribuan ke atas untuk satu buah pintu. 

Menggunakan Minyak untuk Merawat Pengatur Kaca Otomatis pada Power Window
Merawat pengatur kaca otomatis sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen satu ini. Apabila tidak dirawat, maka kejadian power window macet sebelah kiri ataupun kanan bisa terjadi kapan saja. Pada beberapa kondisi kemacetan ini bisa terjadi dan diperbaiki dengan mudah. Namun pada kondisi yang parah maka harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki yang tentunya mengeluarkan uang tidak sedikit.

Sahabat bisa menggunakan minyak goreng untuk merawat pengatur kaca otomatis secara rutin. Minyak goreng dapat diaplikasikan pada bagian karet kaca. Sahabat tinggal melapisi karet pada pintu yang ditempatkan di jalur kaca.

Dengan diberikan minyak goreng pada karet kaca maka kinerja pengatur kaca otomatis akan lebih mudah ketika diaktifkan. Apalagi karet pada kaca adalah bagian primer terhadap kinerja pengatur kaca otomatis. Karet yang tidak lentur dan keras akan membuat power window macet di kiri dan kanan. 

Mobil Jangan Dijemur Sinar Matahari Dalam Waktu Lama
Mobil dan kendaraan lainnya sebaiknya memang harus dihindarkan dari paparan sinar matahari dalam waktu lama. Ternyata, membiarkan mobil terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama juga bisa menjadi penyebab pengerasan terhadap komponen grease di motor pengatur kaca otomatis. Padahal, bagian grease adalah komponen yang berfungsi sebagai pelumas dari poros motor pengatur kaca otomatis.

Ketika Sahabat memaksa untuk menggerakkan motor pengatur kaca otomatis maka hal ini bisa menimbulkan kerusakan lebih parah termasuk terbakar. Grease akan mongering ketika mobil dibiarkan dijemur di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Ketika mobil terpaksa diparkir di bawah sinar matahari, maka berikanlah penutup atau cover mobil untuk mencegah pengerasan pada grease. 

Mengecek Sistem Kelistrikan pada Pengatur Kaca Otomatis
Salah satu hal yang bisa menyebabkan pengatur kaca otomatis tidak bekerja adalah karena kerusakan pada sistem kelistrikan. Hal ini menyebabkan korsleting pada aliran listrik sehingga pengatur kaca otomatis tidak bekerja. Selain itu, adanya sekring yang putus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

Cara mengatasi apabila sekring putus adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Sementara apabila kerusakan ada pada sistem listrik ke pengatur kaca otomatis, maka harus dibawa ke bengkel resmi. Sebaiknya lakukan pengecekan kondisi sistem kelistrikan pengatur kaca otomatis secara berkala untuk menghindari kerusakan pada pengatur kaca otomatis.

Bersihkan Karet Kaca pada Mobil
Lakukan pembersihan secara rutin untuk karet kaca mobil. Alat untuk membersihkan pun cukup sederhana yakni silicone spray. Sahabat harus menghindari cairan penetran karena justru bisa menyebabkan debu mudah menempel kembali. Sementara sifat silicone spray adalah lebih netral sehingga tidak mudah menyebabkan debu menempel kembali. 

Lakukan penyemprotan silicone spray di sepanjang jalur pada karet meliputi karet yang dipasang di frame pintu mobil. Sebelum kaca Sahabat turunkan, cek kondisi karet penghalang debu yang ada di kaca.

Membersihkan Rel Pada Pengatur Kaca Otomatis yang Kotor
Kebersihan memang merupakan kata kunci untuk merawat mobil dan barang-barang lainnya. Selalu cek kondisi rel pada pengatur kaca otomatis apakah sudah kotor atau belum. Pastikan selalu jaga rel pengatur kaca otomatis tetap bersih dengan rutin mencuci mobil setiap kali usai bepergian yang jauh.

Patut Sahabat ketahui bahwa rel pada kaca jendela memainkan peranan penting agar kaca jendela bisa bekerja optimal. Ketika rel kaca kotor, maka dikhawatirkan kaca jendela sulit bekerja secara elektris dengan maksimal. Gunakan shampo khusus mobil ketika mencuci mobil agar elastisitas karet dan kelembaban terjaga.

Penggunaan yang Tepat dan Seperlunya
Banyak orang atau anak-anak lebih tepatnya senang memainkan pengatur kaca otomatis. Mereka senang menaikkan serta menurunkan kaca jendela semaunya karena menganggap hal itu merupakan mainan. Padahal, keseringan menaikkan serta menurunkan kaca jendela menggunakan pengatur kaca otomatis dapat menyebabkan pengatur kaca otomatis cepat rusak atau kurang bekerja maksimal.

Selain itu, hindari menurunkan kaca ke bawah saat kaca masih basah misal terkena hujan dan sebagainya. Pasalnya dikhawatirkan air akan masuk ke dalam celah dan merusak pengatur kaca otomatis. Selain itu hindari menurunkan kaca ke bawah selepas melewati jalan yang penuh debu. Usahakan hanya menurunkan kaca seperlunya saja.

Cek Pengatur Kaca Otomatis Secara Berkala
Pengatur kaca otomatis harus dicek secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali. Apalagi jika jalanan yang dilalui adalah jalanan yang penuh debu maka harus lebih sering lagi melakukan pengecekan. Pasalnya debu dikhawatirkan bisa masuk dan merusak pengatur kaca otomatis. 

Selalu rawat power window untuk memastikan bahwa alat ini tetap bekerja maksimal. Kerusakan pada pengatur kaca otomatis akan memakan lebih banyak biaya perbaikan di masa mendatang.



Related Posts

Merawat Power Windows Agar Tidak Cepat Rusak
4/ 5
Oleh