22 Jun 2020

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengganti Velg Mobil


ganti velg ayla

Salah satu komponen dari kendaraan bermotor khususnya mobil yang dapat mempercantik tampilan adalah velg mobil. Komponen ini juga sering dan mudah dimodifikasi sesuai keinginan. Pada mobil, modifikasi velg biasa diterapkan pada mobil penumpang dengan menaikkan ring standar atau bawaan pabrik.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Modifikasi Velg Mobil
Modifikasi velg mobil biasa dilakukan dengan tujuan mempercantik tampilan roda dengan desain yang lebih stylish dengan tetap mengacu pada ukuran velg bawaan atau justru menaikkan atau menurunkan ukuran velg. 

Sebelum masuk lebih dalam, ada baiknya Sahabat mengetahui ukuran-ukuran velg yang biasa digunakan pada mobil. Velg mobil ring 17 maksudnya adalah velg mobil tersebut memiliki diameter 17 inchi dan biasanya cocok untuk ban dengan ukuran 235/60R17, 215/60R17, atau 225/65R17. 

Velg mobil ring 16 maksudnya adalah diameter pada velg mobil tersebut berukuran 16 inci dan bisa memakai ban ukuran 225/50R16, 215/65R16 atau 225/75R16. Velg mobil ring 15 memiliki diameter sebesar 15 inchi dan dapat digunakan untuk ban ukuran 215/65R15, 215/70R15, atau 205/70R15.

1. Diameter luar ban yang dipakai

Usahakan diameter luar ban tetap sama seperti sebelumnya ketika akan memodifikasi velg. Hal tersebut agar kenyamanan dalam berkendara tetap bisa dirasakan sebab pabrik sudah memperhitungkannya. Sehingga jika akan menambah ukuran velg usahakan tetap memperhatikan diameter ban dan ukuran kaki mobil.

2. Aspek rasio ban

Maksudnya adalah ukuran tebal-tipisnya ban. Misalnya pada ban berukuran 225/35R19 dimana 225 adalah ukuran antar sisi ban yang diukur dari dalam ban, sedangkan 35 adalah aspek rasionya. Semakin kecil aspek rasio, maka ban semakin tipis. Begitu pula sebaliknya, makin besar aspek rasio, makin tebal ban yang digunakan.

3. Risiko modifikasi ukuran velg

Penggantian velg dengan diameter lebih besar, tentu mengharuskan mengganti ban dengan aspek rasio lebih kecil. Semakin tipis ban akan menyebabkan berkurangnya kenyamanan dalam berkendara karena efek defleksi semakin kecil sehingga mengurangi kemampuan penyerapan getaran.

Ukuran diameter velg yang lebih besar juga berefek pada makin beratnya beban putar sistem kemudi. Selain itu, gear kemudi menjadi cepat aus. Tidak hanya itu, tie-rod end, ball-joint, dan bearing pada roda juga mudah rusak.

4. Idealnya, modifikasi dapat menaikkan hingga 2 inchi dari standar

Agar kenyamanan dalam berkendara tetap dirasakan, Anda dapat melakukan modifikasi velg mobil dengan mengganti ukurannya maksimal hingga naik 2 inchi dari ukuran standar. Selain aspek kenyamanan, Sahabat juga tetap bisa menggunakan ban dengan aspek rasio sebelumnya dan tidak perlu melakukan kalibrasi ulang terhadap speedometer.

5. Lebar velg

Modifikasi velg juga perlu memperhatikan lebar velg yang juga disesuaikan dengan ukuran ban standar. Velg dengan ukuran 15 inchi memiliki lebar 6-7 inchi. Sedangkan velg ukuran 17 inchi memiliki lebar 7,5-8 inchi. Semakin lebar velg, bidang cengkraman ban juga semakin besar sehingga menyebabkan peningkatan body roll atau pergerakan bodi mobil ke luar tikungan dan gejala understeer atau setir tetap lurus walau dibelokkan.

6. Perubahan titik tumpu mobil

Velg yang lebih besar dan lebar memberi efek pada pergeseran titik berat atau titik tumpuan roda. Pemakaian velg dengan offset (besar permukaan tengah velg menjorok ke luar atau dalam) yang beda dari standar juga mempengaruhi titik tumpu. Makin kecil offset, makin celong ke dalam penampang tengahnya dan makin lebar bibir velg-nya.

7. Kemampuan EPS mobil

Velg besar dan tapak ban yang lebar akan memperpendek usia Electronic Power Steering (EPS). Modifikasi harus disesuaikan dengan standar kemampuan EPS sehingga tidak kelebihan beban.

8. Material velg yang dipakai

Velg biasanya terbuat dari logam ringan, seperti baja billet, magnesium atau paduan logam. Velg yang lebih ringan dapat mengurangi bobot mobil tanpa mengabaikan daya tahannya sehingga kerja mesin dalam memutar roda dan sistem pengereman tidak terlalu berat.

9. Desain dan model velg

Desain velg ada beragam jenis, ada yang luxury, sporty, off-road, dan touring. Bisa disesuaikan dengan selera, kebutuhan, dan budget. Model velg sendiri ada yang satu bagian hingga tiga bagian. Model satu bagian lebih tahan lama namun memiliki beban lebih berat. Sedangkan model tiga bagian memiliki bobot ringan dan unggul dalam hal apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen tidak perlu mengganti keseluruhan.

10. Kualitas velg

Penting sekali untuk diperhatikan bagi Sahabat yang ingin memodifikasi velg mobil. Pastikan velg yang akan Sahabat gunakan asli dan berkualitas. Cara menentukannya bisa Sahabat lihat dari kehalusan finishing dan kerapian pada velg seberapa banyak potongan logam yang terlihat kasar. Namun tetap kembali pada selera dan budget yang dimiliki.

Strategi Plus Satu atau Plus dua dalam Modifikasi Velg
Modifikasi selain memakai strategi maksimal naik 2 inchi dari ukuran, juga bisa memakai strategi plus satu atau plus dua. Maksudnya yaitu meningkatkan ukuran ban lebih besar satu step atau dua step dari standar.

Misalnya, standar mobil Sahabat memakai ukuran ban 185/60/15, maka lebar ban yang dipakai 185, tingginya 60, dan 15 untuk diameter velg. Jika naik satu step, maka bisa menggunakan ukuran 205/60/16. Apabila naik dua step ukurannya menjadi 205/60/17.

Melakukan modifikasi pada velg mobil ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Sahabat tertarik, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Lebih amannya konsultasikan dengan ahli bengkel yang berpengalaman.



Related Posts

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengganti Velg Mobil
4/ 5
Oleh